Top Ad unit 728 × 90

Sahabat Edukasi News

recent

Pesan Penting Bagi Teman Aku Yang Ingin Jadi Blogger Profesional

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Acap kali bersua dengan rekan guru, operator sekolah, maupun bahkan sahabat usang hingga dengan sahabat baru, pertanyaan yang paling banyak dilontarkan kepada aku yaitu bagaimana caranya buat blog, menciptakan artikel, menciptakan blog terkenal, dan lain-lain, yang bila disimpulkan kata kuncinya yakni bagaimana caranya menjadi blogger yang profesional itu?

Untuk menjawab pertanyaan senada, maka sengaja aku ulas dan sekaligus aku publikasikan melalui blog ini, semoga kiranya sanggup sebagai tanggapan awal dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Sahabatku semua... Dalam bidang apapun, hobi yaitu modal terpenting sebagai materi bakar (baca : motivasi) yang aku anggap tak akan pernah ada habisnya, alasannya yaitu hobi tak memandang laba semata akan tetapi lebih dari itu yakni mendapat kepuasan ataupun kesenangan.

Dan menjadi blogger ini hanyalah salah satu dari sekian banyak cabang hobi yang disukai / digemari oleh sebagian orang. Tak terkecuali menyerupai aku ini. Mohon maaf, di sini aku tidak membicarakan penghasilan menjadi blogger ataupun penghasilan dari sebuah blog yang aku kelola akan tetapi lebih daripada menekankan apa saja sih yang memotivasi Anda untuk menjadi blogger? Itu yang terpenting berdasarkan saya.

Baca di sini : Cara / Solusi Awal Mengatasi Gaptek (Gagap Teknologi)

Hal ini bukan semata spekulasi dari saya, akan tetapi telah aku analisa dari banyak sekali tragedi aktual yang terjadi pada teman-teman aku di mana blogger itu bila orientasinya uang, ketika uang maupun penghasilan tak didapat dalam suatu batas kesabaran, maka dipastikan kemauan / motivasi untuk menjalankan acara ngeblog pun akan semakin memudar dan hasilnya hilang sama sekali.

Berbeda halnya bila seseorang menjalani acara ngeblog alasannya yaitu senang, senang berbagi, senang menulis, senang mempublikasikan buah pikiran maupun perasaan ke dalam bentuk goresan pena yang selanjutnya tak akan puas bila tidak dipublikasikan di blog, bahkan ada yang baca atau tidak, dipastikan kepuasan itu akan digapai, dan begitu seterusnya, sehingga secara tak terduga sekian usang berkutat pada kesenangan dalam mengisi waktu luangnya itu ternyata telah melahirkan ratusan atau bahkan ribuan goresan pena yang tentu saja berdampak pada tingkat pengunjung blog yang sudah meroket.


Oke... Mungkin ada di antara sahabat masih mempertanyakan, apa sih motivasi aku ngeblog selama ini, hingga Anda kenal setidaknya nama aku alasannya yaitu belum pernah bertemu dengan aku secara langsung. Untuk menjawabnya, ini kronologis singkat aku dari awal hingga ketika ini terkait dengan ngeblog:

1.   Sejak tahun 2008, entah kenapa dengan namanya goresan pena di internet aku jadi tertarik, kemudian belajar sendiri aku cari di internet dengan 2 (dua) kata kunci yakni: 1. Apa itu blog? Dan Bagaimana caranya menciptakan blog? Dan tentu saja tidak ada kata kunci yang aku cari bagaimana caranya mendapat uang dari blog bukan?.

2.   Setelah bertugas di tempat yang tak terjangkau internet, aku sewa rumah di tempat yang tersedia internet, dan aku browsing beberapa format surat yang berkaitan dengan pendidikan, dan ada beberapa di antaranya tidak ada di internet. Yang belum ada internet inilah bagaimana kalau diadakan, bagaimana caranya, ya aku harus publikasikan referensi surat tersebut di internet, dan kembali lagi aku olah blog yang semenjak 2008 tak terupdate alasannya yaitu selain sarana yang tak tersedia, minimnya ilmu dan pengetahuan, juga tak ada materi yang menantang untuk aku posting rasanya ketika itu.

3.   Puncak acara blog aku secara intensif berlangsung semenjak tahun 2013 lalu, di mana ada beberapa informasi penting yang berasal dari pengalaman bekerja yang kebetulan aku kuasai dan ketahui namun belum ada di internet, kemudian secara terencana ketika ada kesempatan aku publikasikan melalui blog.

Dari ketiga ringkasan di atas, aku harap teman-teman sanggup memahami latar belakang aku menciptakan blog tentunya, dan faktor utamanya bukan alasannya yaitu uang, akan tetapi murni alasannya yaitu senang / hobi, kemudian bagaimana sekarang, sesudah blog ini dimonetize?

Dan untuk menjawab pertanyaan ini, sanggup aku simpulkan ngeblog aku sudah tak mengalir menyerupai dulu lagi, selain alasan kesibukan offline yang semakin padat, juga entah kenapa semakin banyak pertimbangan ketika akan posting sebuah artikel dan hasilnya frekuensi ngeblog jauh berkurang dibandingkan dengan dulu ketika blog ini belum aku monetize, padahal rumusnya jelas, semakin banyak update, semakin banyak pula peluang peningkatan penghasilannya, akan tetapi rumus ini, tak begitu mensugesti peningkatan frekuensi updating blog bagi aku untuk sementara ini.

Namun bukan berarti ngeblog atas motivasi penghasilan itu tidak boleh, dan tentu saja boleh-boleh saja dan banyak kok blogger yang sudah sukses besar dari blognya yang tentunya motivasi awalnya yaitu penghasilan.

Pada akhirnya, aku di sini hanya ingin sampaikan pesan penting kepada aku sendiri dan teman-teman yang berminat ingin ngeblog, silahkan tuliskan apapun yang sekiranya baik, benar, dan bermanfaat bagi pengunjung. Karena ngeblog berdasarkan aku juga merupakan sebuah karya yang harus dipertanggungjawabkan kelak di akhirat. Oleh alasannya yaitu itu, ngeblog yang paling benar berdasarkan aku yaitu ngeblog yang didasari oleh niat baik, cara baik, dan insya Allah hasilnya juga akan baik. Ingat Sahabat, rejeki tak hanya uang, namun kesehatan, kebahagiaan, belum dewasa yang sholeh dan sholehah, pemahaman, dan masih banyak lagi yang termasuk dalam rejeki di dunia ini.

Baca juga : Langkah-Langkah Awal Belajar Menguasai IT (Informasi dan Teknologi)

Oleh alasannya yaitu itu, aku pun ketika ini benar-benar sedang mengevaluasi diri, alasannya yaitu tak semua informasi yang aku sajikan benar, adakalanya ternyata ada yang kurang benar dan kurang memuaskan bagi pengunjung blog ini. Dari sinilah aku ingin mengawali cara ngeblog saya, semoga semakin bermanfaat bagi seluruh pengunjung sekalian ke depannya... Amin... Salam Edukasi...!

Pesan Penting Bagi Teman Aku Yang Ingin Jadi Blogger Profesional Reviewed by AN on 9:55 am Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sahabat Edukasi © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Shared by Sahabat Edukasi

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.