Alur Pembudayaan Dan Penyesuaian Kegiatan Sehari-Hari Di Sekolah Dalam Gerakan / Aktivitas Penumbuhan Kebijaksanaan Pekerti Luhur
Sahabat Edukasi yang berbahagia…
Menjelang tahun pelajaran gres 2015-2016 yang siap dilaksanakan pada hari Senin 27 Juli 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mencanangkan secara resmi Program Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). PBP yaitu pembiasaan sikap dan sikap positif di sekolah, yang dimulai semenjak masa orientasi penerima didik gres hingga dengan kelulusan, dari jenjang SD (SD), hingga dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), dan sekolah pada jalur pendidikan khusus.
“Implementasi gerakan penumbuhan kebijaksanaan pekerti yaitu upaya untuk mengakibatkan sekolah sebagai taman untuk menumbuhkan huruf positif bagi para penerima didik,” ujar Mendikbud Anies Baswedan pada jumpa pers di kantor Kemendikbud, Jumat (24/07/2015).
Mendikbud menyampaikan PBP akan fokus dilakukan melalui kegiatan nonkurikuler pada seluruh jenjang pendidikan yang diadaptasi dengan tahapan usia perkembangan penerima didik. Pada pelaksanaannya akan bersifat kontekstual atau diadaptasi dengan muatan lokal daerah.
“Penumbuhan huruf dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan nonkurikuler. Kali ini akan dilaksanakan fokus melalui jalur nonkurikuler yang biasanya kurang sanggup perhatian, padahal mempunyai dampak besar dalam berguru mengajar,” terperinci Mendikbud.
Penerapan PBP pada jenjang SMP, SMA/SMK, dan sekolah pendidikan khusus dilaksanakan melalui kemandirian penerima didik, menyerupai membiasakan keteraturan dan pengulangan yang dimulai semenjak dari masa orientasi penerima didik baru, proses kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler, hingga dengan kelulusan. Sedangkan pada jenjang SD, metode pelaksanaan berupa mengamati dan menjiplak sikap positif guru dan kepala sekolah sebagai pola pribadi dalam membiasakan keteraturan dan pengulangan (konsisten).
“Alur penerapan PBP akan diterapkan pada tahap diajarkan, dibiasakan, dilatih secara konsisten, kemudian akan menjadi kebiasaan, sehingga akan terbentuk karakter, dan kesannya menjadi budaya dalam setiap sikap anak-anak,” tutur Mendikbud.
Lingkup kegiatan PBP dibagi menjadi tujuh, yaitu menumbuhkembangkan nilai adab dan spiritual, menumbuhkembangkan nilai kebangsaan dan kebhinekaan, mengembangkan interaksi positif antar penerima didik, merawat diri dan lingkungan sekolah. Selanjutnya mengembangkan potensi diri penerima didik secara untuk, serta pelibatan orang bau tanah dan masyarakat di sekolah.
Berikut ulasan ihwal Pendidikan Budi Pekerti, Alur Pembudayaan, dan Kegiatan Sehari-hari di Sekolah :
Sekolah selayaknya menjadi "taman" yang di dalamnya belum dewasa Indonesia akan mendapat suasana berguru penuh tantangan tapi menyenangkan dan menumbuhkan kebijaksanaan pekerti luhur.
Bersamaan dengan dimulainya tahun aliran 2015/2016, Kemdikbud mencanangkan gerakan Penumbuhan Budi Pekerti melalui serangkaian kegiatan non kurikuler, yaitu rangkaian kegiatan harian dan periodik wajib maupun pilihan, menyerupai tertuang dalam Permendikbud ihwal Penumbuhan Budi Pekerti untuk menumbuhkembang kan nilai-nilai dan huruf positif.
Alur Pembudayaan :
Contoh kasus: “Hidup Bersih”. Diajarkan ihwal cara hidup higienis dan ancaman hidup kotor. Dibiasakan membersihkan yang kotor dan membuang sampah pada tempatnya, dilatih konsisten diarahkan bila tidak dikerjakan, ditegur jikalau dilanggar. kemudian, menjadi kebiasaan menjadi kebiasaan (tanpa disadari) membersihkan dan membuang sampah pada tempatnya.
Lalu, menjadi huruf suka kebersihan dan tidak nyaman melihat sampah bukan pada tempatnya, sehingga kesannya akan menjadi budaya masyarakat yang berbudaya hidup bersih.
Budi pekerti luhur yang diperlukan sanggup tumbuh meliputi antara lain:
a. Internalisasi nilai adab dan spiritual dalam kehidupan.
b. Rasa kebangsaan dan cinta tanah
c. Interaksi positif antara penerima didik dengan guru dan orangtua.
d. Interaksi positif enter siswa.
e. Pengembangan potensi utuh siswa.
f. Pemeliharaan lingkungan sekolah yang mendukung iklim pembelajaran.
g. Pelibatan orangtua dan masyarakat.
Kegiatan Sehari-hari di Sekolah :
1. Beberapa kegiatan wajib
2. Contoh-contoh pembiasaan baik
Sebelum Memulai Pembelajaran: Sesudah Mengakhiri Pembelajaran:
1. Membaca buku non-pelajaran sekitar 15 menit sebelum jam pelaja ran perta ma dimulai.
2. Hari pelajaran dimulai dengan berdoa, dipimpin bergantian oleh siswa di bawah bimbingan guru.
3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan atau lagu wajib nasional atau lagu terkini yang menggambarkan semangat cinta tanah air.
Kegiatan Rutin Tiap Minggu:
1. Upacara bendera dap hari Senin.
2. Olah raga bersama seluruhwarga sekolah minimal seminggu sekali.
3. Siswa piket membersihkan kelas dan lingkungan sekolah secara bergantian.
4. Menyanyikan satu lagu kawasan (dari seluruh nusantara).
5. Mengakhiri dengan berdoa, dipimpin bergantian oleh siswa di bawah bimbingan guru.
Kegiatan Periodik/Insidental Lainnya:
1. Pertemuan wali kelas dan orangtua siswa untuk menjelaskan visi, misi dan hukum sekolah serta tahapan berguru siswa.
2. Siswa dibiasakan berguru kelompok baik di sekolah maupun di rumah dengan sepengetahuan guru dan orangtua.
3. Siswa terlibat dengan masyarakat untuk melihat dan memecahkan masalah-masalah positif di lingkungan sekolah.
4. Masyarakat dari banyak sekali profesi membuatkan ilmu dan pengalaman kepada siswa di sekolah.
Alur Pembudayaan Dan Penyesuaian Kegiatan Sehari-Hari Di Sekolah Dalam Gerakan / Aktivitas Penumbuhan Kebijaksanaan Pekerti Luhur
Reviewed by AN
on
8:34 pm
Rating:
No comments: