Top Ad unit 728 × 90

Sahabat Edukasi News

recent

Rpp Smp, Sma Dan Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi 4C, Ppk, Literasi Dan Hots

Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. Apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis,  maka pembelajaran sanggup berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diperlukan pada Standar Proses. Oleh sebab itu, setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis.
RPP merupakan taught curriculum yang berarti bahwa apa yang dirancang dalam kurikulum harus tertuang dalam RPP untuk mencapai hasil berguru siswa atau learned curriculum yang merupakan hasil eksklusif dari pengalaman berguru yang dirancangkan dalam RPP. Agar keinginan ini sanggup tercapai dengan baik, maka guru harus menyusun perencanaan pembelajaran lengkap dan sistematis termasuk penilaiannya

Dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 wacana Standar Proses, bahwa komponen RPP terdiri atas identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, KD dan IPK, materi pembelajaran,metode, media, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran (*) dan evaluasi hasil pembelajaran.

RPP SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA dan Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi 2017 

Berikut ialah Langkah-langkah penyusunan RPP 
  • Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus).
  • Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, acara pembelajaran, dan planning evaluasi sesuai dengan muatan  KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan Analisis  Keterkaitan SKL, KI, dan KD)
  • Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini menurut hasil analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan diubahsuaikan dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan.
  • Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan menurut KD dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran sanggup berasal dari buku teks  pelajaran, buku panduan guru, sumber berguru lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini lalu dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
  • Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.
  • Menentukan  media,  alat,  bahan  yang dipakai dalam proses pembelajaran. 
  • Memastikan sumber  berguru yang dijadikan rujukan yang akan dipakai dalam langkah pembagian terstruktur mengenai proses pembelajaran.
  • Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
  • Mengembangkan evaluasi proses dan hasil berguru meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran 
Bagi Teman yang ketika ini sedang membutuhkan Contoh RPP SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan Klik disini

RPP SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA dan Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi 2017 

 Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP RPP SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi 4C, PPK, Literasi dan Hots
Untuk Mendapatkan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi 4C, PPK, Literasi dan Hots lengkap beserta Perangkat Pembelajran lainnya diantaranya:
  • RPP K13 Revisi 2017, 
  • Silabus yang dikembangkan, 
  • Program Tahunan, 
  • Analisis Alokasi 
  • Waktu, 
  • Program Semeter, Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD dan Materi Pembelajaran, 
  • KIKD dan Materi, 
  • Format KKM, 
  • Penetapan Indikator, 
  • Pemetaan Kometensi dan Teknik Penilaian, 
  • Analisis Kompetensi, 
  • Kalender Akademik
  • Lembar evaluasi Spiritual, Sosial, Pengetahuan dan Keterampilan
Rpp Smp, Sma Dan Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi 4C, Ppk, Literasi Dan Hots Reviewed by AN on 5:07 pm Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sahabat Edukasi © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Shared by Sahabat Edukasi

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.