Top Ad unit 728 × 90

Sahabat Edukasi News

recent

Panduan Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -

RPP kurikulum 2013 revisi 2017

Berikut ini kami jabarkan cara penyusunan

Download RPP kurikulum 2017 
DOWNLOAD

NO
KOMPONEN
PENJELASAN
1
Identitas
Sekolah : (Diisi nama sekolah/ satuan pendidikan) Mata Pelajaran : (Diisi nama mata pelajaran) Kelas/Semester : (Diisi dengan jenjang kelas dan semester) Materi Pokok : ( Diambil dari Kompetensi Dasar/ K D)Alokasi Waktu: sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan bebanbelajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
2
Kompetensi Inti/ KI
KI dikutib dari Permendikbud 21 Tahun 2016
2
Kompetensi Inti/ KI
b. KI mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilanyang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau acara dalam mencapai SKL.c. Rumusan KI yang dikutib dari Permendikbud 21 Tahun 2016 sebagai berikut.1) Mata Pelajaran PABP dan PPKn, dituliskan sebagai berikut.KI 1 : Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya KI 2 : Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional.KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalahKI 4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa memakai metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.2) Mata Pelajaran selain PABP dan PPKn, dituliskan sebagai berikut.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab.
3
KD dan IPK
1)   KD dikutib dari Permendikbud No 24 Tahun 2016
3
KD dan IPK
2)   KD merupakan kemampuan minimal dan bahan pembelajaran minimal yang harus dicapai penerima didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada KI.
3)   IPK dikembangkan dari KD, merupakan kemampuan minimal yang sanggup diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI 1 dan KI 2, dan kemampuan yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI 3 dan KI 4.
4)   IPK disusun memakai kata kerja opresional yang sanggup diukur/dilakukanpenilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
5)   IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dandimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
6)   IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abnormal dan/atau ketrampilan konkret
7)   Peserta didik boleh mempunyai kemampuan di atas yang telah ditetapkan dalamIPK dan sanggup dikembangkan dari LOTS menuju HOTS)
4
TujuanPembelajaran
1)   dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasionalyang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan
2)   Dituangkan dalam bentuk deskripsi, memuat kompetensi yang hendak dicapai oleh penerima didik
3)   Memberikan citra proses pembelajaran
4)   Memberikan citra pencapaian hasil pembelajaran
5
Materi Pembelajaran
1)   memuat fakta, konsep/prinsip,dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalambentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaiankompetensi/IPK
2)   Ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai sesuia dengan cakupan bahan yang termuat pada IPK atau KD pengetahuan
3)   Cakupan bahan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan
4)   Mengakomodasi muatan lokal sanggup berupa keunggulan lokal, kearifan lokal, kekinian dll yang sesuai dengan cakupan bahan pada KD pengetahuan
6
Metode Pembelajaran
1)  Harus bisa mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran agarpeserta didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan KD yang akan dicapai
2)  Menerapkan pembelajaran aktif (peserta didik yang aktif) yang bermuara pada pengembangan HOTS
3)  Menggambarkan sintaks/tahapan yang terang (apabila memakai model pembelajaran tertentu).
4)  Sesuai dengan tujuan pembelajaran
5)  Menggambarkan proses pencapaian kompetensi
7
Media Pembelajaran
1)   berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran
2)   Mendukung pencapaian kompetensi dan pembelajaran aktif dengan pendekatan ilmiah
3)   Sesuai dengan karakterisitik penerima didik
4)   Memanfaatan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsiptekno-pedagogis
8
Sumber Belajar
dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajarlain yang relevan
9
Langkah-langkah Pembelajaran
1)      Dintegrasi:
a.       4C (kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, kemampuanberpikir/lebih luas dari HOTS):
Ø  CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK): PROSES KONSEPTUALISASI, MENERAPKAN, MENGANALISIS, DAN MENGEVALUASI MELALUI PROSES BERPIKIR DEDUKTIF DAN INDUKTIF (sintesis dari Scriven dan Paul, 1984; Facione, dkk., 1995; Scheffer dan Rubenfield, 2000).
Ø  CREATIVITY (KREATIVITAS): KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN SOLUSI, IDE, KONSEP, TEORI, PROSEDUR, PRODUK. INOVASI ADALAH BENTUK KREATIVITAS (sintesis antara Fullan, 2013 dan OECD, 2014)
Ø  COLLABORATION (KERJASAMA): KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM KELOMPOK BAIK TATAP MUKA ATAU MELALUI KOMUNIKASI DUNIA MAYA UNTUK MEMECAHKAN MASALAH, MENYELESAIKAN KONFLIK, MEMBUAT KEPUTUSAN, DAN NEGOSIASI UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERTENTU (sintesis antara Lai, 2011 dan Dede, 2010)
Ø  COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI): KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PIKIRANATAU PANDANGAN DAN HASIL LAIN DALAM BENTUK LISAN, TULISAN, MENGGUNAKAN IT, DAN KEMAMPUAN MENDENGAR, KEMAMPUAN MEMAHAMI PESAN (revisi dari Fullan, 2013, Canada, 2014)
b.      HOTS (kemampuan berpikir)
c.       Literasi antara lain pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk membuatkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan, dll
d.      Karakter
2)      Pembelajaran dirancang: interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik
3)      Dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan epilog
a)      Kegiatan Pendahuluan:
·         menyiapkan penerima didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
·         memberi motivasi berguru penerima didik secara kontekstual sesuaimanfaat dan aplikasi bahan didik dalam kehidupan sehari-hari, dengan menunjukkan tumpuan dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta diadaptasi dengan karakteristik dan jenjang penerima didik;
·         mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari;
·         menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akandicapai; dan
·         menyampaikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai silabus.
b)      Kegiatan Inti:
·         menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran.
·         Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik bahan dan mata pelajaran.
·         Mengembangkan sikap melalui proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, sampai mengamalkan (seluruh kegiatan pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong penerima didik untuk melaksanakan kegiatan tersebut)
·         Mengembangkan pengetahuan melalui kegiatan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, sampai mencipta.
·         Mengembangkan keterampilan melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.
·         Seluruh isi bahan mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilanharus mendorong penerima didik untuk melaksanakan proses pengamatan sampai penciptaan.
c)      Kegiatan Penutupguru bersama penerima didik baik secara individual maupun kelompok melaksanakan refleksi untuk mengevaluasi hal-hal berikut.
·         seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat eksklusif maupun tidak eksklusif dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk santunan tugas, baik kiprah individual maupun kelompok; dan
·         menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
10
Penilaian Hasil Belajar
1)      Sesuai dengan kompetensi (IPK dan atau KD)
2)      Sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran
3)      Sesuai bahan pembelajaran
4)      Memuat soal HOTS dan soal-soal keterampilan khusus mata pelajaran(misalnya Agama, Seni Budaya, Bahasa, dll)
5)      Memuat:
a.       Lingkup penilaian: sikap, pengetahuan, keterampilan
b.      Teknik penilaian
Ø  Sikap: observasi, jurnal, penilaian diri, penilaian antar teman
Ø  Pengetahuan: tes tulis, tes lisan, penugasan
Ø  Keterampilan: praktik, proyek, portofolio
c.       Bentuk instrumen
Ø  Lembar observasi, lembar penilaian diri, lembar penilaian antar teman
Ø  Soal pilihan ganda, soal esai, isian singkat, dll (mengembangkan soal HOTS/tingkat berpikir tinggi dari suatu kemampuan kognitif)
Ø  Rubrik praktik/unjuk kerja, rubric proyek, rubrik portofolio
11
Lampiran
Hal-hal yang mendukung, misalnyaa) uraian bahan yang memang diperlukan) instrumen penilaian dilengkapi dengan pedoman penskoran, dll


untuk melihat lebih lengkapnya berikut ini kami sajikan tumpuan lampiran RPP kurikulum 2013 revisi 2017

Contoh RPP 2017

kunjungi juga
semua Perangkat pembelajaran Disini RPP 2017

Download RPP klik disini DOWNLOAD
Panduan Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017 Reviewed by AN on 5:07 pm Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sahabat Edukasi © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Shared by Sahabat Edukasi

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.