Top Ad unit 728 × 90

Sahabat Edukasi News

recent

Rpp Bahasa Arab Mts Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017


Perencanaan pembelajaran merupakan bab penting dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Melalui perencanaan pembelajaran yang baik, guru akan lebih gampang dalam melakukan pembelajaran dan siswa akan lebih terbantu dan gampang dalam belajar. Perencanaan pembelajaran dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik penerima didik, sekolah, mata pelajaran. Perencanaan pembelajaran bertujuan untuk mengarahkan acara pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 

Ada banyak sekali acara persiapan yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku rujukan untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber berguru yang relevan, dan memilih langkah-langkah pembelajaran, hingga dengan menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP). 

Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif ibarat yang diyakini sebagian guru, melainkan acara yang menempel pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, acara perencanaan selalu mendahului acara pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapatdilakukan oleh guru secara berdikari maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP yakni silabus dan standar isi.

Berikut ini kami sajikan Contoh RPP Bahasa Arab MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, dan adapun rung lingkup Materi Bahasa Arab Kelas 9 diantaranya yakni Sebagai Berikut
  • رأس السنة الهجرية
  • الحفل بذكرى مولد الرسول صلى الله عليه وسل
  • نزول القرآن
  • العيدين
  • جمال الطبيع
  • خالق العالم
  • الحفاظ على البيئة   
Download Contoh RPP Bahasa Arab Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • RPP Terintegrasi dengan pembelajaran: a) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, b) Literasi; keterampilan kala 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) c) HOTS (Higher Order Thinking Skill)
  • RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru
  • RPP disusun menurut Struktur kurikulum yang berlaku 
  • IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
  • IPK disusun memakai kata kerja opresional yang sanggup diukur/dilakukan evaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
  • IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan mencakup faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
  • IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abnormal dan/atau ketrampilan konkret
  • RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran.
  • Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik bahan dan mata pelajaran.
    Daftar isi Perangkat Pembelajaran  lengkap :
    • RPP,
    • Silabus yang dikembangkan,
    • Program Tahunan,
    • Analisis Alokasi Waktu,
    • Program Semeter,
    • Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD dan Materi Pembelajaran,
    • KIKD dan Materi,
    • Format KKM,
    • Penetapan Indikator,
    • Pemetaan Kometensi dan
    • Teknik Penilaian,
    • Analisis Kompetensi, Kalender Akademik
    Rpp Bahasa Arab Mts Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Reviewed by AN on 6:07 pm Rating: 5

    No comments:

    All Rights Reserved by Sahabat Edukasi © 2014 - 2015
    Powered By Blogger, Shared by Sahabat Edukasi

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Powered by Blogger.