Top Ad unit 728 × 90

Sahabat Edukasi News

recent

Rpp Al-Quran - Hadits Mts Kelas 7, 8 Dan 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Tahap pertama dalam pembelajaran berdasarkan standar proses yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan acara penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu planning acara pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan acara pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Komponen RPP terdiri atas:
  • identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  • identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  • kelas/semester;
  • materi pokok;
  • alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk  pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai; 
  • tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan; 
  • kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  • materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur  yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi; 
  • metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran biar akseptor didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai; 
  • media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untu memberikan bahan pelajaran; 
  • sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan; 
  • langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan  evaluasi hasil pembelajaran.
Berikut kami sajikan Contoh RPP Quran Hadits MTs Kelas 7, 8 dan 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Seperti yang kita ketahui bahwa Struktur kelompok mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dalam kurikulum Madrasah meliputi: 1) Al-Qur’an Hadis, 2) Akidah Akhlak, 3) Fikih, 4) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan 5) Bahasa Arab. Masing-masing mata pelajaran tersebut intinya saling terkait dan melengkapi.

Al-Qur’an-Hadis merupakan sumber utama pemikiran Islam, dalam arti  keduanya merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. 

Al-Qur’an Hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan  benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Adapun Ruang lingkup mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis di Madrasah Tsanawiyah meliputi: 
  1. Membaca dan menulis yang merupakan unsur penerapan ilmu tajwid. 
  2. Menerjemahkan makna (tafsiran) yang merupakan pemahaman, interpretasi ayat, dan hadis dalam memperkaya hazanah intelektual. 
  3. Menerapkan isi kandungan ayat/hadis yang merupakan unsur pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari. 
Download Contoh RPP Quran Hadits MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Contoh RPP Quran Hadits MTs Kelas  8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 
Download Contoh RPP Quran Hadits MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • RPP Terintegrasi dengan pembelajaran: a) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, b) Literasi; keterampilan periode 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) c) HOTS (Higher Order Thinking Skill)
  • RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru
  • RPP disusun berdasarkan Struktur kurikulum yang berlaku 
  • IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
  • IPK disusun memakai kata kerja opresional yang sanggup diukur/dilakukan evaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
  • IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
  • IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan ajaib dan/atau ketrampilan konkret
  • RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran.
  • Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik bahan dan mata pelajaran.
Daftar isi Perangkat Pembelajaran  lengkap :
  • RPP,
  • Silabus yang dikembangkan,
  • Program Tahunan,
  • Analisis Alokasi Waktu,
  • Program Semeter,
  • Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD dan Materi Pembelajaran,
  • KIKD dan Materi,
  • Format KKM,
  • Penetapan Indikator,
  • Pemetaan Kometensi dan
  • Teknik Penilaian,
  • Analisis Kompetensi, Kalender Akademik
Rpp Al-Quran - Hadits Mts Kelas 7, 8 Dan 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Reviewed by AN on 6:07 pm Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sahabat Edukasi © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Shared by Sahabat Edukasi

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.