Top Ad unit 728 × 90

Sahabat Edukasi News

recent

Download Rpp Sd, Mi, Smp, Mts, Sma, Ma Dan Smk Kurikulum 2013 Era 21

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat diharapkan oleh semua  insan di seluruh dunia. Seperti dijelaskan dalam Bab I, secara ilmu pengetahuan  Indonesia merupakan negara berkembang yang masih tertinggal dari negara  berkembang lainnya. Meskipun demikian, pendidikan di Indonesia memiliki  kelebihan dibanding negara‐negara tersebut atau negara maju lainnya dengan dasar  pendidikan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang berakar pada budaya bangsa yang  mengedepankan abjad yang sangat diharapkan dalam menghadapi tantangan  Abad 21. 

Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan  kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta  penguasaan terhadap teknologi.  Literasi menjadi bab terpenting dalam sebuah proses pembelajaran, peserta  didik yang sanggup melakukan kegiatan literasi dengan maksimal tentunya akan  mendapat pengalaman berguru lebih dibanding dengan penerima didik lainnya. 

Pembelajaran akan meletakkan dasar dan kompetensi, pengukuran kompetensi  dengan urutan LOTS menuju HOTS. Proses pembelajaran akan dimulai dari suatu  hal yang gampang menuju hal yang sulit. Dengan penilaian LOTS akan menjadi tangga  bagi penerima didik untuk meningkatkan kompetensi menuju seseorang yang  mempunyai referensi pikir kritis. Seseorang yang mempunyai kemampuan berpikir kritis,  kreatif, kerja sama dan bisa berkomunikasi dengan baik akan meningkat pula  karakternya, sehingga keilmuan dan kompetensi yang dikuasainya akan  menjadikannya mempunyai sikap/karakter yang bertanggungjawab, bekerja keras,  jujur dalam kehidupannya. Seorang penerima didik yang mengalami proses  pembelajaran dengan melakukan kegiatan literasi pembelajaran dan guru  menunjukkan penguatan abjad dalam proses pembelajaran dengan urutan  kompetensi dari LOTS menuju kompetensi HOTS akan menghasilkan lulusan yang  mempunyai abjad dan kompetensi

Keterangan dari Gambar diatas
  1. Pembelajaran  dalam  Kurikulum  2013  bertujuan  mengembangkan  bakat, minat,  dan  potensi  peserta  didik  agar  berkarakter,  kompeten  dan  literat.  Untuk mencapai hasil tersebut diharapkan pengalaman berguru yang bervariasi  mulai dari yang sederhana hingga pengalaman berguru yang bersifat kompleks.  Dalam  kegiatan  tersebut  guru  harus  melaksanakan  pembelajaran  dan penilaian yang relevan dengan karakteristik pembelajaran era 21.  
  2. Pembelajaran  dalam  setiap  mata  pelajaran  terkait  dengan  kompetensi  dan konteks  yang  harus    memacu  peserta  didik  untuk  memiliki  ketrampilan berpikir  dari  yang  sederhana  (LOTS)  menuju  proses  berpikir  tingkat  tinggi  (HOTS). 
  3. Kegiatan  pembelajaran  tersebut  tidak  dapat  sekaligus  dilaksanakan,  tetapi  sedikit  demi  sedikit  ada  perubahan.  Dari  kapasitas  LOTS  yang  banyak  sedikit  demi  sedikit  dikurangi  dan  menambah  kapasitas  HOTS,  sehingga  pada  akibatnya kapasitas HOTS menjadi abjad penerima didik. 
  4. Melalui  pembelajaran  tersebut  pada  akhirnya  dapat  mengahasilkan  lulusan  yang  berkarakter,  kompeten  dan  literat  untuk  siap  menhadapai  tantangan  Abad 21.    
Pilar pendidikan merupakan soko guru pendidikan. Unesco menunjukkan empat pilar  pendidikan  yang  terdiri  atas  Learning  to  know,  learning  to  do,  learning  to  be,  dan  learning to live together in peace. Tetapi untuk mencapai Tujuan Pendidikan Nasinal,  tidak  cukup  dengan  emapt  pilar  tersebut,  maka  dalam  pendidikan  di  Indonesia  ditambah  dengan  dengan  pilar  pendidikan  “Belajar  untuk  memperkuat  keimanan,  ketakwaan, dan budbahasa mulia”. 

Ada banyak sekali kegiatan persiapan yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku referensi untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber berguru yang relevan, dan memilih langkah-langkah pembelajaran, hingga dengan menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP). 

Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif menyerupai yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang menempel pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapatdilakukan oleh guru secara berdikari maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP yakni silabus dan standar isi.

Berikut Kami Sajikan Contoh RPP Kurikulum 2013Revisi 2017
RPP SD Kurikulum 2013 Abad 21
RPP Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Abad 21
RPP Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Abad 21
RPP Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Abad 21

RPP MI Kurikulum 2013 Abad 21
RPP MTs Kurikulum 2013 Abad 21
RPP MA Kurikulum 2013 Abad 21

Untuk Mendapatkan RPP K13 Abad 21 Lengkap Full Semester silahka Bapak Kunjungi web Kami www.Sahabat Edukasi

Kunjungi Kami disini

Download Rpp Sd, Mi, Smp, Mts, Sma, Ma Dan Smk Kurikulum 2013 Era 21 Reviewed by AN on 6:07 pm Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sahabat Edukasi © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Shared by Sahabat Edukasi

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.