Download Rpp Sd, Mi, Smp, Mts, Sma, Ma Dan Smk Kurikulum 2013 Era 21
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat diharapkan oleh semua insan di seluruh dunia. Seperti dijelaskan dalam Bab I, secara ilmu pengetahuan Indonesia merupakan negara berkembang yang masih tertinggal dari negara berkembang lainnya. Meskipun demikian, pendidikan di Indonesia memiliki kelebihan dibanding negara‐negara tersebut atau negara maju lainnya dengan dasar pendidikan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang berakar pada budaya bangsa yang mengedepankan abjad yang sangat diharapkan dalam menghadapi tantangan Abad 21.
Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Literasi menjadi bab terpenting dalam sebuah proses pembelajaran, peserta didik yang sanggup melakukan kegiatan literasi dengan maksimal tentunya akan mendapat pengalaman berguru lebih dibanding dengan penerima didik lainnya.
Pembelajaran akan meletakkan dasar dan kompetensi, pengukuran kompetensi dengan urutan LOTS menuju HOTS. Proses pembelajaran akan dimulai dari suatu hal yang gampang menuju hal yang sulit. Dengan penilaian LOTS akan menjadi tangga bagi penerima didik untuk meningkatkan kompetensi menuju seseorang yang mempunyai referensi pikir kritis. Seseorang yang mempunyai kemampuan berpikir kritis, kreatif, kerja sama dan bisa berkomunikasi dengan baik akan meningkat pula karakternya, sehingga keilmuan dan kompetensi yang dikuasainya akan menjadikannya mempunyai sikap/karakter yang bertanggungjawab, bekerja keras, jujur dalam kehidupannya. Seorang penerima didik yang mengalami proses pembelajaran dengan melakukan kegiatan literasi pembelajaran dan guru menunjukkan penguatan abjad dalam proses pembelajaran dengan urutan kompetensi dari LOTS menuju kompetensi HOTS akan menghasilkan lulusan yang mempunyai abjad dan kompetensi
Keterangan dari Gambar diatas
- Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 bertujuan mengembangkan bakat, minat, dan potensi peserta didik agar berkarakter, kompeten dan literat. Untuk mencapai hasil tersebut diharapkan pengalaman berguru yang bervariasi mulai dari yang sederhana hingga pengalaman berguru yang bersifat kompleks. Dalam kegiatan tersebut guru harus melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang relevan dengan karakteristik pembelajaran era 21.
- Pembelajaran dalam setiap mata pelajaran terkait dengan kompetensi dan konteks yang harus memacu peserta didik untuk memiliki ketrampilan berpikir dari yang sederhana (LOTS) menuju proses berpikir tingkat tinggi (HOTS).
- Kegiatan pembelajaran tersebut tidak dapat sekaligus dilaksanakan, tetapi sedikit demi sedikit ada perubahan. Dari kapasitas LOTS yang banyak sedikit demi sedikit dikurangi dan menambah kapasitas HOTS, sehingga pada akibatnya kapasitas HOTS menjadi abjad penerima didik.
- Melalui pembelajaran tersebut pada akhirnya dapat mengahasilkan lulusan yang berkarakter, kompeten dan literat untuk siap menhadapai tantangan Abad 21.
Pilar pendidikan merupakan soko guru pendidikan. Unesco menunjukkan empat pilar pendidikan yang terdiri atas Learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together in peace. Tetapi untuk mencapai Tujuan Pendidikan Nasinal, tidak cukup dengan emapt pilar tersebut, maka dalam pendidikan di Indonesia ditambah dengan dengan pilar pendidikan “Belajar untuk memperkuat keimanan, ketakwaan, dan budbahasa mulia”.
Ada banyak sekali kegiatan persiapan yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku referensi untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber berguru yang relevan, dan memilih langkah-langkah pembelajaran, hingga dengan menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif menyerupai yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang menempel pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapatdilakukan oleh guru secara berdikari maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP yakni silabus dan standar isi.
Berikut Kami Sajikan Contoh RPP Kurikulum 2013Revisi 2017
RPP SD Kurikulum 2013 Abad 21
RPP Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Abad 21
RPP Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Abad 21
RPP Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Abad 21
RPP MI Kurikulum 2013 Abad 21
RPP MTs Kurikulum 2013 Abad 21
RPP MA Kurikulum 2013 Abad 21
Untuk Mendapatkan RPP K13 Abad 21 Lengkap Full Semester silahka Bapak Kunjungi web Kami www.Sahabat Edukasi
Kunjungi Kami disini
Berikut Kami Sajikan Contoh RPP Kurikulum 2013Revisi 2017
RPP SD Kurikulum 2013 Abad 21
RPP Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Abad 21
RPP Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Abad 21
RPP Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Abad 21
RPP MI Kurikulum 2013 Abad 21
RPP MTs Kurikulum 2013 Abad 21
RPP MA Kurikulum 2013 Abad 21
Untuk Mendapatkan RPP K13 Abad 21 Lengkap Full Semester silahka Bapak Kunjungi web Kami www.Sahabat Edukasi
Kunjungi Kami disini
Download Rpp Sd, Mi, Smp, Mts, Sma, Ma Dan Smk Kurikulum 2013 Era 21
Reviewed by AN
on
6:07 pm
Rating:
No comments: