Karakteristik Dan Rambu-Rambu Pembelajaran Tematik
Sahabat Edukasi yang berbahagia…
Sebagai suatu model pembelajaran di sekolah dasar, pembelajaran tematik mempunyai karakteristik-karakteristik sebagai berikut:
1. Berpusat pada siswa
Pembelajaran tematik berpusat pada siswa (student centered), hal ini sesuai dengan pendekatan berguru modern yang lebih banyak menempatkan siswa sebagai subjek berguru sedangkan guru lebih banyak berperan sebagai fasilitator adalah menunjukkan kemudahan-kemudahan kepada siswa untuk melaksanakan acara belajar.
2. Memberikan pengalaman langsung
Pembelajaran tematik sanggup menunjukkan pengalaman eksklusif kepada siswa (direct experiences). Dengan pengalaman eksklusif ini, siswa dihadapkan pada sesuatu yang faktual (konkrit) sebagai dasar untuk memahami hal-hal yang lebih abstrak.
3. Pemisahan matapelajaran tidak begitu jelas
Dalam pembelajaran tematik pemisahan antar mata pelajaran menjadi tidak begitu jelas. Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan tema-tema yang paling bersahabat berkaitan dengan kehidupan siswa.
4. Menyajikan konsep dari banyak sekali matapelajaran
Pembelajaran tematik menyajikan konsep-konsep dari banyak sekali mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran. Dengan demikian, Siswa bisa memahami konsep-konsep tersebut secara utuh. Hal ini dibutuhkan untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
5. Bersifat fleksibel
Pembelajaran tematik bersifat luwes (fleksibel) dimana guru sanggup mengaitkan materi bimbing dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan kehidupan siswa dan keadaan lingkungan dimana sekolah dan siswa berada.
6. Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa
Siswa diberi kesempatan untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
7. Menggunakan prinsip berguru sambil bermain dan menyenangkan
Rambu-Rambu Pembelajaran Tematik
1. Tidak semua mata pelajaran harus dipadukan
2. Dimungkinkan terjadi penggabungan kompetensi dasar lintas semester
3. Kompetensi dasar yang tidak sanggup dipadukan, jangan dipaksakan untuk dipadukan. Kompetensi dasar yang tidak diintegrasikan dibelajarkan secara tersendiri.
4. Kompetensi dasar yang tidak tercakup pada tema tertentu harus tetap diajarkan baik melalui tema lain maupun disajikan secara tersendiri.
5. Kegiatan pembelajaran ditekankan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung serta penanaman nilai-nilai moral
6. Tema-tema yang dipilih diadaptasi dengan karakteristik siswa, minat, lingkungan, dan kawasan setempat
Demikian karakteristik dan rambu-rambu pembelajaran tematik. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!
Karakteristik Dan Rambu-Rambu Pembelajaran Tematik
Reviewed by AN
on
2:34 am
Rating:
No comments: