Top Ad unit 728 × 90

Sahabat Edukasi News

recent

Sekolah Yang Menyenangkan Beri Pilihan Tantangan Bermakna Bagi Siswa

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Pembelajaran di sekolah akan efektif kalau seluruh siswa dalam proses belajarnya merasa senang, dan tentu saja ini didapatkan oleh siswa kalau sekolah sanggup menyajikan pembelajaran yang menyenangkan.

Sekolah menyenangkan bukan berarti semua kemudahan yang glamor di sekolah tentunya, namun kreatifitas dalam pembelajaranlah yang akan mengakibatkan sekolah sebagai tempat yang nyaman bagi siswa untuk belajar.

Terkait dengan apa dan bagaimana ciri-ciri dari sekolah yang menyenangkan itu? Berikut admin share perihal kriteria dari sekolah yang menyenangkan yakni sekolah menyenangkan beri pilihan tantangan bermakna bagi siswa yang admin kutip dari situs Kemdikbud RI, selengkapnya sebagai berikut…

Sekolah menyenangkan yakni sekolah yang menawarkan tantangan bagi siswa. Dengan kata lain, sekolah yang menyenangkan sanggup diartikan sebagai wahana yang kondusif dan menyehatkan serta menawarkan pilihan tantangan yang bermakna bagi siswa.

Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, pada program Penutupan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) tahun 2015, di Depok, Selasa (31/3/2015).

Mendikbud menyampaikan, salah satu prinsip sekolah menyenangkan yakni pembelajaran dengan ragam pilihan tantangan, di mana masing-masing siswa diberikan pilihan dan tantangan yang sesuai.

Dia mengimbau, semoga bawah umur melihat teman sebayanya sebagai individu-individu yang memiliki potensi yang bervariasi. Olimpiade Sains Nasional itu, kata ia mengambil contoh, merupakan hal yang penting tetapi tumbuhkan juga kompetisi di bidang lainnya untuk diberi tempat. “Berikan ruang untuk memunculkan kreatifitas. Berikan ruang untuk memunculkan gagasan baru,” katanya.

Mendikbud mengungkapkan, prinsip sekolah menyenangkan selanjutnya yakni pembelajaran yang menawarkan makna. Pembelajaran ini, kata dia, berkhasiat untuk jangka panjang dan terkait dalam pemecahan masalah-masalah secara nyata. Dia mengajak para guru semoga sanggup merangsang siswanya dengan pertanyaan-pertanyaan yang subtantif sebab pertanyaan subtantif sanggup mengarahkan pada inspirasi.

Hindari bawah umur kita diajak menghafal teori tanpa menawarkan pemahaman pada bawah umur perihal manfaat memperlajarinya,” ujarnya.

Mendikbud menginginkan, institusi pendidikan benar-benar menjadi wahana berguru yang baik. Prinsip yang mendasari sekolah menjadi menyerupai taman yang menyenangkan, kata dia, yakni semua ikut terlibat baik siswa, guru, orang tua, dan kepala sekolah.

Salah satu misalnya menghadirkan orang bau tanah ke sekolah untuk menceritakan pekerjaannya kepada anak-anak. Tak persoalan profesinya, kata dia, tetapi biarkanlah bawah umur melihat orang bau tanah menceritakan pengalaman nyata. “Semua saling mendukung dan menjadi teladan bagi komunitasnya,” tuturnya.

Mendikbud menyebutkan, prinsip sekolah menyenangkan lainnya yakni pembelajaran yang relevan dengan kehidupan. Kita, kata dia, jangan mengajarkan bawah umur hal yang tidak relevan dan jauh dari kehidupannya.

Dia mencontohkan, di suatu sekolah di kawasan terpencil ada goresan pena di papan tulis yang menceritakan bagaimana cara berenang di bak renang, sementara di sekitar sekolah tersebut tidak ada bak renang. Yang ada yakni sungai. “Anak-anak diajak berimajinasi bak renang. "Kita sedang mengajak mereka menjadi orang kota. Tanpa disadari kita sedang mengotakan anak kita. dengan menyampaikan anda harus di bak renang sana,” ucapnya. (Agi Bahari – www.kemdikbud.go.id)

Sekolah Yang Menyenangkan Beri Pilihan Tantangan Bermakna Bagi Siswa Reviewed by AN on 7:40 pm Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sahabat Edukasi © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Shared by Sahabat Edukasi

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.