Top Ad unit 728 × 90

Sahabat Edukasi News

recent

Rpp Bahasa Dan Sastra Inggris (Peminatan) Sma Kelas 10, 11 & 12 Kurikulum 2013 Terintegrasi Keterampilan Kala 21, Literasi, Ppk, Dan Hots

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -

Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Literasi menjadi bab terpenting dalam sebuah proses pembelajaran, akseptor didik yang sanggup melakukan kegiatan literasi dengan maksimal tentunya akan mendapat pengalaman mencar ilmu lebih dibanding dengan akseptor didik lainnya.

Pembelajaran akan meletakkan dasar dan kompetensi, pengukuran kompetensi  dengan urutan LOTS menuju HOTS. Proses pembelajaran akan dimulai dari suatu  hal yang gampang menuju hal yang sulit. Dengan penilaian LOTS akan menjadi tangga  bagi akseptor didik untuk meningkatkan kompetensi menuju seseorang yang  mempunyai referensi pikir kritis. Seseorang yang mempunyai kemampuan berpikir kritis,  kreatif, kerja sama dan bisa berkomunikasi dengan baik akan meningkat pula  karakternya, sehingga keilmuan dan kompetensi yang dikuasainya akan  menjadikannya mempunyai sikap/karakter yang bertanggungjawab, bekerja keras,  jujur dalam kehidupannya.

Seorang akseptor didik yang mengalami proses  pembelajaran dengan melakukan kegiatan literasi pembelajaran dan guru  menawarkan penguatan huruf dalam proses pembelajaran dengan urutan  kompetensi dari LOTS menuju kompetensi HOTS akan menghasilkan lulusan yang  mempunyai huruf dan kompetensi
  • Pembelajaran  dalam  Kurikulum  2013  bertujuan  mengembangkan  bakat, minat,  dan  potensi  peserta  didik  agar  berkarakter,  kompeten  dan  literat.  Untuk mencapai hasil tersebut dibutuhkan pengalaman mencar ilmu yang bervariasi  mulai dari yang sederhana hingga pengalaman mencar ilmu yang bersifat kompleks.  Dalam  kegiatan  tersebut  guru  harus  melaksanakan  pembelajaran  dan penilaian yang relevan dengan karakteristik pembelajaran masa 21.  
  • Pembelajaran  dalam  setiap  mata  pelajaran  terkait  dengan  kompetensi  dan konteks  yang  harus    memacu  peserta  didik  untuk  memiliki  ketrampilan berpikir  dari  yang  sederhana  (LOTS)  menuju  proses  berpikir  tingkat  tinggi  (HOTS). 
  • Kegiatan  pembelajaran  tersebut  tidak  dapat  sekaligus  dilaksanakan,  tetapi  sedikit  demi  sedikit  ada  perubahan.  Dari  kapasitas  LOTS  yang  banyak  sedikit  demi  sedikit  dikurangi  dan  menambah  kapasitas  HOTS,  sehingga  pada  balasannya kapasitas HOTS menjadi huruf akseptor didik. 
  • Melalui  pembelajaran  tersebut  pada  akhirnya  dapat  mengahasilkan  lulusan  yang  berkarakter,  kompeten  dan  literat  untuk  siap  menhadapai  tantangan  Abad 21.    
Ada banyak sekali kegiatan persiapan yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku referensi untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber mencar ilmu yang relevan, dan memilih langkah-langkah pembelajaran, hingga dengan menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif menyerupai yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang menempel pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapatdilakukan oleh guru secara berdikari maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP ialah silabus dan standar isi.

Mengapa RPP Penting Disusun oleh Guru?
Alasan pentingnya RPP disusun oleh guru ialah :
  1. RPP ialah merupakan bukti kegiatan yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas dan wajib disusun oleh  guru; 
  2. RPP merupakan rambu-rambu untuk dijadikan sebagai pedoman guru dalam melakukan kegiatan di kelas; 
  3. Dengan menyusun RPP, guru telah  lebih awal memikirkan cara terbaik dan termudah untuk membangun kompetensi yang dipersyaratkan pada siswa semoga siswa mencapai kompetensi  tersebut;
  4. Dengan menyusun RPP guru sedini mungkin memperkirakan efektifitas pengelolaan kelas baik menyangkut waktu, penciptaan suasana kelas, maupun upaya-upaya pencapaian tujuan pembelajaran
Suatu hal yang tidak bisa ditawar, bahwa RPP wajib disusun oleh guru sebelum guru masuk kelas. Karena dengan adanya perencanaan guru telah menetapkan segala keperluan serta metode yang harus diterapkan dikala melakukan pembelajaran termasuk sanggup mengelolah waktu secara efisien.

Sebagai panduan Bapak/Ibu Menyusun RPP Kurikulum 2013 Abad 21 maka berikut ini kami Sajikan Contoh RPP Bahasa dan Sastra Inggris (Peminatan) Kelas 10, 11 & 12 Kurikulum 2013 Revisi 2017silahkan anda download pada Link Yang Telah Kami sediakan berikut ini


Detail RPP  Bahasa dan Sastra Inggris (Peminatan)SMA Kurikulum 2013 Abad 21
  • RPP Terintegrasi dengan pembelajaran: a) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, b) Literasi; keterampilan masa 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) c) HOTS (Higher Order Thinking Skill) 
  • RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru 
  • RPP disusun Berdasarkan Permendikbud no 22, 24 tahun 2016
  • RPP disusun menurut Struktur kurikulum yang berlaku 
  • IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS 
  • IPK disusun memakai kata kerja opresional yang sanggup diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. 
  • IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan mencakup faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif 
  • IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abnormal dan/atau ketrampilan konkret 
  • RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 
  • Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran. 
  • Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran. 
Rpp Bahasa Dan Sastra Inggris (Peminatan) Sma Kelas 10, 11 & 12 Kurikulum 2013 Terintegrasi Keterampilan Kala 21, Literasi, Ppk, Dan Hots Reviewed by AN on 6:07 pm Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sahabat Edukasi © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Shared by Sahabat Edukasi

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.