Contoh Rpp Sma Terintegrasi Keterampilan Kala 21, Literasi, Ppk, Dan Hots
RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -
Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Literasi menjadi bab terpenting dalam sebuah proses pembelajaran, penerima didik yang sanggup melakukan kegiatan literasi dengan maksimal tentunya akan mendapat pengalaman berguru lebih dibanding dengan penerima didik lainnya.
Pembelajaran akan meletakkan dasar dan kompetensi, pengukuran kompetensi dengan urutan LOTS menuju HOTS. Proses pembelajaran akan dimulai dari suatu hal yang gampang menuju hal yang sulit. Dengan penilaian LOTS akan menjadi tangga bagi penerima didik untuk meningkatkan kompetensi menuju seseorang yang mempunyai contoh pikir kritis. Seseorang yang mempunyai kemampuan berpikir kritis, kreatif, kerja sama dan bisa berkomunikasi dengan baik akan meningkat pula karakternya, sehingga keilmuan dan kompetensi yang dikuasainya akan menjadikannya mempunyai sikap/karakter yang bertanggungjawab, bekerja keras, jujur dalam kehidupannya. Seorang penerima didik yang mengalami proses pembelajaran dengan melakukan kegiatan literasi pembelajaran dan guru menawarkan penguatan aksara dalam proses pembelajaran dengan urutan kompetensi dari LOTS menuju kompetensi HOTS akan menghasilkan lulusan yang mempunyai aksara dan kompetensi
Pembelajaran akan meletakkan dasar dan kompetensi, pengukuran kompetensi dengan urutan LOTS menuju HOTS. Proses pembelajaran akan dimulai dari suatu hal yang gampang menuju hal yang sulit. Dengan penilaian LOTS akan menjadi tangga bagi penerima didik untuk meningkatkan kompetensi menuju seseorang yang mempunyai contoh pikir kritis. Seseorang yang mempunyai kemampuan berpikir kritis, kreatif, kerja sama dan bisa berkomunikasi dengan baik akan meningkat pula karakternya, sehingga keilmuan dan kompetensi yang dikuasainya akan menjadikannya mempunyai sikap/karakter yang bertanggungjawab, bekerja keras, jujur dalam kehidupannya. Seorang penerima didik yang mengalami proses pembelajaran dengan melakukan kegiatan literasi pembelajaran dan guru menawarkan penguatan aksara dalam proses pembelajaran dengan urutan kompetensi dari LOTS menuju kompetensi HOTS akan menghasilkan lulusan yang mempunyai aksara dan kompetensi
- Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 bertujuan mengembangkan bakat, minat, dan potensi peserta didik agar berkarakter, kompeten dan literat. Untuk mencapai hasil tersebut diharapkan pengalaman berguru yang bervariasi mulai dari yang sederhana hingga pengalaman berguru yang bersifat kompleks. Dalam kegiatan tersebut guru harus melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang relevan dengan karakteristik pembelajaran era 21.
- Pembelajaran dalam setiap mata pelajaran terkait dengan kompetensi dan konteks yang harus memacu peserta didik untuk memiliki ketrampilan berpikir dari yang sederhana (LOTS) menuju proses berpikir tingkat tinggi (HOTS).
- Kegiatan pembelajaran tersebut tidak dapat sekaligus dilaksanakan, tetapi sedikit demi sedikit ada perubahan. Dari kapasitas LOTS yang banyak sedikit demi sedikit dikurangi dan menambah kapasitas HOTS, sehingga pada hasilnya kapasitas HOTS menjadi aksara penerima didik.
- Melalui pembelajaran tersebut pada akhirnya dapat mengahasilkan lulusan yang berkarakter, kompeten dan literat untuk siap menhadapai tantangan Abad 21.
Ada banyak sekali kegiatan persiapan yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku tumpuan untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber berguru yang relevan, dan memilih langkah-langkah pembelajaran, hingga dengan menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif menyerupai yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang menempel pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapatdilakukan oleh guru secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP ialah silabus dan standar isi.
Mengapa RPP Penting Disusun oleh Guru?
Alasan pentingnya RPP disusun oleh guru ialah :
Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif menyerupai yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang menempel pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapatdilakukan oleh guru secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP ialah silabus dan standar isi.
Mengapa RPP Penting Disusun oleh Guru?
Alasan pentingnya RPP disusun oleh guru ialah :
- RPP ialah merupakan bukti kegiatan yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas dan wajib disusun oleh guru;
- RPP merupakan rambu-rambu untuk dijadikan sebagai pedoman guru dalam melakukan kegiatan di kelas;
- Dengan menyusun RPP, guru telah lebih awal memikirkan cara terbaik dan termudah untuk membangun kompetensi yang dipersyaratkan pada siswa biar siswa mencapai kompetensi tersebut;
- Dengan menyusun RPP guru sedini mungkin memperkirakan efektifitas pengelolaan kelas baik menyangkut waktu, penciptaan suasana kelas, maupun upaya-upaya pencapaian tujuan pembelajaran
Suatu hal yang tidak bisa ditawar, bahwa RPP wajib disusun oleh guru sebelum guru masuk kelas. Karena dengan adanya perencanaan guru telah menetapkan segala keperluan serta metode yang harus diterapkan dikala melakukan pembelajaran termasuk sanggup mengelolah waktu secara efisien.
Sebagai panduan Bapak/Ibu Menyusun RPP Kurikulum 2013 Abad 21 maka berikut ini kami Sajikan Contoh RPP Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017silahkan anda download pada Link Yang Telah Kami sediakan berikut ini
Detail RPP Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Abad 21
Detail RPP Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Abad 21
- RPP Terintegrasi dengan pembelajaran: a) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, b) Literasi; keterampilan era 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) c) HOTS (Higher Order Thinking Skill)
- RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru
- RPP disusun Berdasarkan Permendikbud No 22, 24 Tahun 2016
- RPP disusun menurut Struktur kurikulum yang berlaku
- IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
- IPK disusun memakai kata kerja opresional yang sanggup diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
- IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan mencakup faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
- IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan ajaib dan/atau ketrampilan konkret
- RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran.
- Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Download RPP Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
RPP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
RPP Pendidikan Agama Nasrani dan Budi Pekerti
RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
RPP Bahasa Indonesia
RPP Matematika
RPP Sejarah Indonesia
RPP Bahasa Inggris
RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
RPP Seni Budaya 4 Aspek
a. Seni Rupa
b. Musik
c. Tari
d. Teater
RPP Prakarya dan Kewirausahaan 4 Aspek
a. Kerajinan 1 (satu) tahun
b. Rekayasa 1 (satu) tahun
c. Budi Daya 1 (satu) tahun
d. Pengolahan 1 (satu) tahun
Peminatan
RPP Matematika Peminatan
RPP Biologi
RPP Fisika
Kimia
Geografi
Sejarah
Sosiologi
Ekonomi
Bahasa dan Sastra Indonesia
RPP Pendidikan Agama Nasrani dan Budi Pekerti
RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
RPP Bahasa Indonesia
RPP Matematika
RPP Sejarah Indonesia
RPP Bahasa Inggris
RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
RPP Seni Budaya 4 Aspek
a. Seni Rupa
b. Musik
c. Tari
d. Teater
RPP Prakarya dan Kewirausahaan 4 Aspek
a. Kerajinan 1 (satu) tahun
b. Rekayasa 1 (satu) tahun
c. Budi Daya 1 (satu) tahun
d. Pengolahan 1 (satu) tahun
Peminatan
RPP Matematika Peminatan
RPP Biologi
RPP Fisika
Kimia
Geografi
Sejarah
Sosiologi
Ekonomi
Bahasa dan Sastra Indonesia
Contoh Rpp Sma Terintegrasi Keterampilan Kala 21, Literasi, Ppk, Dan Hots
Reviewed by AN
on
6:07 pm
Rating:
No comments: